Senin, 04 Juni 2012

Allah Mencintai Orang-orang yang Sabar 

 



Ketika kita ditimpa musibah, kita sering mengeluh dan lemas. padahal jika kita bersabar maka akan sangat besar manfaatnya bagi psikologi kita. Karena dengan sabar kita akan menyadari bahwa kita tidak bisa mengelola kehidupan yang kita miliki sesuka hati. Dialah Allah yang mengatur semuanya.

Rasulullah pernah mengatakan "Sebagian dari iman adalah sabar". Rasulullah ketika ditimpa musibah atau masalah, Beliau tidak pernah sekalipun mengeluh dan menyalahan orang lain. Berbeda dengan kita, ketika bumi Indonesia kita terkena musibah seperti banjir sebagia besar dari kita menyalahkan para pemerintah dengan berbagai alasan. Padahal jangan-jangan musibah itu terjadi karena kesalahan kita sendiri. Karena musibah tidak akan diturunkan jika bukan karena ulah tangan-tangan manusia yang jail.

Untuk menjadi orang yang penyabar tidak mudah memang. Sehingga dalam Firman-firman Allah dalam Al-Quran banyak ayat yang mengajak kita untuk memiliki sifat penyabar. Kita lihat hewan-hewan di sekitar kita. Kerbau yang tanpa lelah membajak sawah, juga Kuda yang mengangkut banyak orang dan masih banyak lagi hewan-hewan yang dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat. Padahal jika Allah menghendaki mereka untuk menolak. Tentu mereka akan menolak.

Kita ingat kisah robohnya kuda Suraqah bin Naufal saat mengejar Nabi, Fir'aun beserta tentaranya tenggelam di laut merah, Nabi Yunus yang selamat dari perut ikan paus. Semua ini membuktikan bahwa Allah akan melindungi dan menyayangi hambaNya yang bersabar.

Untuk itu, kita tanamkan sifat sabar dalam diri kita dari sekarang. "Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar". Wallahu a'lam.

Semoga bermanfaat dan Salam Semangat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar